Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

11:54:00 AM Best Rating
Faktor-faktor peninggi badan alami: Memiliki tubuh yang tinggi merupakan dambaan setiap orang. Namun terkadang banyak faktor yang menghambat pertumbuhan tingga badan seseorang. Namun begitu, ada jenis makanan tertentu yang bisa membantu pertumbuhan tinggi badan secara alami. Berikut ini akan dijalaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan serta cara peninggi badan alami yang perlu Anda ketahui.

Memiliki tubuh yang tinggi merupakan suatu anugerah. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang yang memiliki tinggi badan ideal. Beberapa profesi pun mengharuskan mensyaratkan pelamarnya harus memenuhi standard tinggi badan yang ditentukan.

Contoh profesi yang menjadikan tinggi badan sebagai salah satu faktor untuk diterima adalah model, fotomodel, artis, bidan, pramugari, dan semua profesi di bidang militer. Satu kelebihan bagi orang yang memiliki badan yang tinggi yakni ketika melamar kerja, semua bidang pekerjaan bisa dimasuki karena faktor tinggi badan. Tentunya ada faktor-faktor lain selain tinggi badan misalnya keahlian sesuai bidang profesi yang dilamar.

Bagi seorang laki-laki, tubuh yang tinggi menambah kegagahan. Bagi seorang wanita, tubuh yang tinggi menambah ke-feminim-an. Tinggi badan ideal untuk orang Indonesia adalah 160 cm ke atas. Jika memiliki tinggi badan di bawah 160 cm biasanya dikategorikan sebagai orang yang pendek.


Faktor yang mempengaruhi Tinggi Badan

Pada dasarnya, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:
cara peninggi badan alami

1. Genetik

Faktor genetika merupakan faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Umumnya seorang ayah yang badannya tinggi maka kemungkinan besar anaknya juga akan memiliki badan yang tinggi. Demikian juga jika seorang ibu yang memiliki badan yang tinggi maka anak yang dilahirkannya juga akan memiliki badan yang tinggi.

Lalu bagaimana jika ayahnya tinggi tapi ibunya pendek? Atau sebaliknya, ibunya badannya tinggi namun bapaknya badannya pendek?

Secara ilmu genetika ada rumusnya

Gen yang mempengaruhi tinggi rendah badan seseorang dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah "huruf" dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (disingkat dengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (disingkat dari Thymin). Begitu pula, bila seseorang memiliki C ganda akan membuat mereka lebih tinggi satu sentimeter dari yang memiliki T ganda.
Masih ada lagi gen-gen yang berkaitan dengan tinggi badan. HMGA2 hanya menjelaskan 0,3 persen dari keberagaman tinggi manusia.
Dilansir dari laman klikdokter.com

2. Nutrisi

Nutrisi sangat berperan dalam membentuk tinggi badan. Tinggi badan orang dewasa merupakan cerminan asupan gizi ketika masa kanak-kanak dan pertumbuhan. Jika kualitas gizi yang diperoleh ketika masa kanak-kanak kurang, maka ketika dewasa tinggi badannya juga tidak maksimal.

Berlaku juga sebaliknya. Jika pada usia dewasa orang memiliki badan yang tinggi, artinya ketika masa kanak-kanak dan masa pertumbuhan dia mendapatkan asupan gizi yang baik.

Karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang.

3. Olahraga

Manfaat olah raga memang sangat bagus untuk kesehatan. Beberapa kegiatan olah raga terutama yang memberi beban pada tulang panjang kaki seperti basket, badminton, lari, lompat tinggi, lompat jauh dan jenis olah raga atletik bisa membantu menambah tinggi badan.

Renang juga termasuk salah satu jenis olah raga yang berguna untuk menambah tinggi badan. Karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan jenis kegiatan olah raga di atas untuk membuat tubuh lebih tinggi.


Makanan untuk Menambah Tinggi Badan

Untuk mendapatkan tinggi badan ideal, sebaiknya mendapatkan asupan gizi yang cukup di saat masa pertumbuhan. Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang atau gizi yang di atas nilai seimbang. Disebut gizi seimbang jika makanan mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Makan makanan kecil seperti biskuit yang mengandung susu dan keju sehari 2 kali sebagai tambahan makanan utama.
Yogurt dan jus buah juga baik untuk membantu proses pertumbuhan tinggi badan pada usia pertumbuhan.

Mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung energi dan protein seperti nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu dan juga roti.
Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

Jenis Makanan untuk Menambah Tinggi Badan secara Alami
Selain faktor-faktor yang sudah disebutkan sebelumnya, ada jenis-jenis makanan yang efektif digunakan sebagai suplemen untuk mempercepat proses pertumbuhan dan tinggi badan.

Inilah jenis makanan yang bisa membuat dan mempercepat tinggi badan:

1. Membuat Jus campuran wortel, Brokoli, bayam, sawi

Wortel, Brokoli, bayam, sawi mengandung banyak vitamin A, berdasarkan riset yang telah dilakukan, vitamin A diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang dan jaringan lunak di dalam tulang. Wortel, Brokoli, bayam, sawi merupakan sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin A.

2. Jus Melon Dan Aprikot

Bagi anda yang ingin meninggikan badan bisa mengkonsumsi jus ini sehabis olahrga, jus ini sangat efektif untuk membuat tubuh anda segar dan  membuat perumbuhan tulang anda semakin cepat. Se,lain itu Melon dan aprikot mengandung banyak vitamin A, vitamin a diperlukan untuk pertumbuhan tulang di dalam jaringan lunak.

3. Jus Alpukat dicampur dengan Susu

Alpukat adalah salah satu buah yang dipercaya bisa menambah tinggi badan seseorang, alpukat dicampur susu bisa menambah tinggi badan anda, usahakan jangan mencampur alpukat dengan susu jenis full cream. Karena bisa menambah berat badan anda.

4. Susu dan Keju

Anda bisa membuat susu yang di campur dengan keju, cukup diminum saat pagi hari dan saat mau tidur. Saat tidur hormon pertumbuhan manusia akan bekerja lebih maksimal. Istirahatlah dengan pola yang baik dan cukup. Dengan begitu hormon pertumbuhan anda akan bekerja dengan baik pula.

5. Susu dan telur

Bagi anda yang ingin tinggi dengan cara alami bisa meminum susu yang dicampur dengan telur. Ramuan ini bisa membuat tubuh anda lebih tinggi.

Susu memiliki banyak zat yang dibutuhkan oleh tulang untuk pertumbuhan.Susu mengandung magnesium kalsium dan fosfor yang baik bagi pertumbuhan tulang. Sedangkan telur mengandung banyak protein yang juga berguna untuk pertumbuhan tulang.

Protein juga bisa memperbaiki dan mempertahankan struktur sel yang ada di dalam tulang, protein ini juga bermaanfaat bagi elemen structural yang ada di dalam jaringan ikat yang terdapat tulang rawan manusia. Susu dicampur dengan telur adalah ramuan khusus yang bisa menambah tinggi badan anda.

Dengan mengkombinasikan semua faktor yang bisa menambah tinggi badan di atas, maka hasil yang didapat juga lebih maksimal.

Sebenarnya ada obat herbal yang bisa membantu untuk menambah tinggi badan, memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Ya, obat herbal itu bernama Calsea Bone.

Calse Bone adalah produk herbal dari PT. HWI yang terbuat dari alga merah yang sangat bagus untuk menambah tinggi badan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »